Angka persaingan dalam mencari peluang/lowongan kerja sangatlah tinggi. Oleh karena itu,
parasarjana harus sudah membekali dirinya masing-masing dengan ilmu pengetahuan yang
mantab dan juga keahlian di bidang masing-masing secara professional,
khususnya para Sarjanawan dan Sarjanawati dari bidang
IT. Pengelompokan jenispekerjaan bergantung kepada acuan yang digunakan. Akan
tetapi adahal yang sama. Salah satu cara untuk melihat lapangan pekerjaan di bidang
TI adalah dengan menanyakan kepada industri TI atau mengambil data-data
dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
Menurut Prayitno (BKN, 2003:11),
standar kompetensi mencakup tigahal, yaitu KSA :
- Pengetahuan (Knowledge), yaitu fakta danangka dibalik aspek teknis.
- Keterampilan (Skills), yaitu kemampuan untuk menunjukan tugas pada tingkat criteria yang dapat diterima secara terusmenerus dengan kegiatan yang paling sedikit.
- Sikap (Attitude), yaitu yang ditunjukan kepada pelanggan dan orang lain bahwa yang bersangkutan mampu berada dalam lingkungan kerjanya.
Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang lulusan Sarjana
IT, antara lain:
A. Network
Administration
Tugas sehari-hari sang administrator,
antara lain memberi dukungan administratif pada pengguna software
dan memelihara perangkat keras maupun lunak untuk jaringan, menganalisa masalah, dan memantau kerja jaringan
agar selalu tersedia bagi pengguna sistem. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Hardware Networking.
- Basic IP dan Subnetting.
- Technology Switching dan Routing.
- Technology Server.
- Pengelolaan Network Security.
- Monitor dan Administrasi Network Security.
- Backup.
B. Network
Designer
Tugas sehari-hari seorang Designer,
antara lain mendesain jaringan sesuai dengan kebutuhan perusahaan,
mengawasi dan mengembangkan jaringan skala besar,
menganalisa jaringan apabila terjadi kerusakan. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Software Networking.
- Mahir dalam HTML dan CSS.
- Memahami FLEX, PHP, dan bahasa database.
C. Network
Programmer
Tugas sang Programmer adalah membuat
program yang ada dalam jaringan itu sendiri. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Basic Software Networking.
- Mengerti bahasa pemrograman jaringan.
- Mampu memprogram suatu jaringan yang telah di desain oleh network designer.
D.
DataBase Administrator
Tugas sehari-hari sang DB
Administrator, antara lain Memonitoring dan melakukan pengolahan administrator
sebuah database. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows.
- Melakukan instalasi Linux.
- Pasang dan konfigurasi mail server.
- Paham FTP server dan Web server.
- Memahami Routing.
E.
DataBase Designer
Tugas utama sang DB Designer yaitu merancang dan membuat
query SQL yang dibutuhkan programmer. Kompetensi yang harus dimiliki:
- Memahami feature Prado SQL MAP.
- memudahkan programmer dalam menampilkan data yang diinginkan.
F. Help
Desk (Operator)
Kompetensi yang harus dimiliki
operator Help Desk, antara lain:
- Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows.
- Mengerti aplikasi Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
G.
Technical Support
Kompetensi yang harus dimiliki para
Technical Support, antara lain:
- Menghubungkan perangkat keras.
- Melakukan instalasi Microsoft Windows.
- Melakukan instalasi Linux.
- Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya.
- Pasang dan konfigurasi Mail server, FTP server, Web server.